Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BPBD Labura Bentuk Desa/Kelurahan Tangguh Bencana

 

Ketua GP PKK NY. dr Rama Dhona Hendriyanto Sitorus, M, Keb(Ped), Sp. A, Ketua I Bidang Karakter Keluarga TP PKK Ny. dr. Zuhriani Samsul Tanjung, Kepala BPBD LABURA Abdi Yoso dan para Kepala Desa /Lurah Tambhuj Bencana .@Majalahjurnalis.com


MAJALAHJURNALIS.Com (Labura) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar sosialisasi pembentukan desa dan kelurahan tangguh bencana (Destana).
 
Kegiatan yang bertujuan sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan bencana ini dilaksanakan di Kantor BPBD Labuhanbatu Utara, Desa Sidua-dua Kecamatan Kualuh Selatan, Rabu (29/6/2022).
 
Pembentukan Destana perdana tahun ini diawali pada Desa Sonomartani, Kelurahan Aek Kanopan, dan Kelurahan Aek Kanopan Timur Kecamatan Kualuh Hulu, serta Desa Tanjung Pasir Kecamatan Kualuh Selatan.
 
Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, SE, MM, diwakili Asisten Pemerintah Kesra Marwansyah menyampaikan apresiasi kepada BPBD dan desa/kelurahan yang turut dalam penangulangan bencana di Labuhanbatu Utara karena penanggulangan bencana merupakan pekerjaan kita bersama. Bukan hanya pemerintah Kabupaten, provinsi dan pusat.
 
Menurutnya, di bentuknya Desa/Kelurahan tangguh bencana adalah untuk memiliki kemampuan mandiri beradaptasi dalam menghadapi ancaman bencana, serta dapat memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan, sehingga daerah yang terkena dapat kembali bahkan lebih baik dari semula.
 
Beliau juga menambahkan, Desa/Kelurahan Tangguh Bencana harus memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus untuk meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.
 
"Mari sama kita kenali ancamannya, da  kita kurangi risikonya", ucapnya.
 
Acara di lanjutkan pelantikan ketua Destana masing-masing desa/kelurahan dan dilanjutkan sosialisasi Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana oleh BPBD Provinsi Sumut.
 
Hadir Ketua TP PKK Ny. dr. Rama Dhona Hendriyanto Sitorus,M.Ked(Ped),Sp.A, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Ny. dr. Zuhriani Samsul Tanjung, Kepala BPBD Labuhanbatu Utara Abdi Yoso, para Kepala Desa/Lurah tangguh bencana. (Amin Hsb)

Post a Comment

0 Comments