Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cita Rasa Soto Kering Khas Delitua Sangat Didambakan

 

Seporsi nasi soto kering di warung Soto Kering Sehat, Delitua, Deli Serdang. (Kartika Sari/detikSumut)


MAJALAHJURNALIS.Com  (Deliserdang) - Soto Kering Sehat khas Deli Tua, Deli Serdang memiliki cita rasa yang berbeda. Jika soto identik dengan kuah kuning yang kaya rempah, Soto Kering berbeda karena tidak memiliki kuah seperti soto pada umumnya.’
 
Soto Kering Sehat khas Delitua sudah berdiri sejak 1974. Sampai hari ini pemilik tempat makan itu terus menjaga resep yang sudah dipakai sejak awal berdiri.
 
Sekilas warung ini tampak cukup sederhana. Hanya sepetak ruangan yang tak terlalu lebar. Namun, para pembeli tak hentinya datang silih berganti.
 
Penjual Soto Kering Sehat ini pun tak hentinya melayani para pembeli yang antre. Bahkan, ada yang sudah antre sejak usai waktu Subuh.
 
Menariknya, soto kering ini tidak memiliki kuah seperti soto pada umumnya. Untuk menu ini, detikers akan mendapatkan seporsi nasi yang disiram sedikit kuah rempah-rempah di atasnya. Selain itu ada suwiran ayam dan sambal teri kacang.
 
"Nasi soto kering ini khusus di Delitua, kalau di lain mungkin pakai kuah. Kalau kita tidak pakai. Kuahnya itu pun seperti kuah rendang tapi tidak terlalu sama, beda bumbu lah," ungkap pemilik Soto Kering, Rauf kepada detikSumut, Minggu (28/5/2023).
 
Untuk menikmatinya, detikers cukup mencampurkan nasi dengan lauk-lauk tersebut. Cita rasa gurih dan manis dari sedikit kuah soto begitu terasa sejak suapan pertama. Tak lupa, ada sambal hijau pelengkap yang penikmatnya akan ketagihan.
 
Nah, soto kering ini dapat detikers padukan dengan menu tambahan seperti telur dadar, telur bulat, maupun perkedel.
 
"Pembeli biasanya beli pakai perkedel sama telur dadar karena ini otentik soto keringnya," kata Rauf.
 
Rauf menyebutkan bahwa dalam satu hari, dirinya mampu menghabiskan sekitar 50 kg beras. Bahkan, ia harus masak di dandang besar setiap jelang Subuh.
 
"Kalau berasnya kita bisa habis sampai 50 kg beras, itu bisa sampai 6 kali dimasak, 2 pakai dandang besar terus empat lagi pakai penanak nasi biasa," tuturnya.
 
Warung Soto Kering Sehat memiliki aneka lauk matang, selain soto kering ketika hari biasa. Sedangkan pada akhir pekan, Rauf fokus berjualan nasi kering mulai pukul 05.30-09.00 WIB.
 
"Biasanya yang beli itu para pekerja yang tidak sempat sarapan atau bawa bekal, mereka beli di sini. Jadi selain itu kita juga ada sayur masak. Kalau akhir pekan gini kita hanya jual soto kering saja," ucapnya.
 
Untuk tahu lokasi Soto Kering Khas Delitua. Baca Halaman Berikutnya...
 
Untuk satu porsinya, pembeli dapat merogoh kocek seharga Rp 12 ribu untuk nasi soto kering + telur, kemudian nasi soto kering + perkedel seharga Rp 10 ribu, sementara itu nasi soto kering polos seharga Rp 8 ribu, dan nasi soto kering + ikan seharga Rp 14 ribu per porsinya.
 
Rauf menyebutkan bahwa resep yang digunakan sudah sejak turun temurun dan kini sudah generasi kedua. Resep soto kering ini masih ia pertahankan dari resep orang tuanya.
 
"Resep dan teknik masaknya tidak ada yang diganti atau berubah (sejak 1974). Rasanya tetap sama dengan resep dari orang tua yang kita pegang hingga saat ini," ucapnya.
 
Untuk detikers yang tertarik mencobanya, lokasi Warung Soto Kering ini terletak di Jalan Deli Tua Pamah Gg. Amri I No.1, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang.
 
Lokasinya tidak terlalu jauh dari Medan Resort City (Mercy), hanya 13 menit atau 4,3 km menuju Soto Kering Sehat.
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments