Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Usai Diperiksa Inspektorat, Kadinkes Medan Taufik Ririansyah Resmi Dicopot

 

Taufik Ririansyah (Foto: Dok. Pemkot Medan)


MAJALAHJURNALIS.Com (Medan) - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Medan Taufik Ririansyah resmi dicopot dari jabatannya. Pencopotan tersebut berdasarkan rekomendasi Inspektorat Medan.
 
"Sudah tuntas (pemeriksaan Taufik), ya hasilnya kita rekomendasi agar dibebastugaskan definitif," kata Kepala Inspektorat Kota Medan Sulaiman Harahap kepada detikSumut, Senin (29/7/2024).
 
Pencopotan Taufik berdasarkan evaluasi kinerja Taufik tidak mengikuti standar dan norma yang ada. Namun Sulaiman enggan mengungkap detailnya.
 
"Ya evaluasi kinerja, tidak diikuti sesuai dengan standar dan norma," ucapnya.
 
Hasil pemeriksaan Inspektorat tersebut juga sudah diserahkan ke Wali Kota Medan Bobby Nasution. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dibahas tim ad hoc dan menjatuhkan hukuman ke Taufik yakni mencopot dari Kadinkes Medan.
 
"Sudah (dilaporkan ke Bobby), sudah dibentuk tim ad hoc, tim ad hoc sudah memeriksa dan menjatuhkan hukumannya," ucapnya.
 
Hukuman terhadap Taufik disebut sudah berlaku. Per hari ini, Taufik sudah dicopot dari jabatannya selaku Kadinkes Medan.
 
"Ini hari (sudah dinonaktifkan definitif)," tutupnya.
 
Kadinkes Kota Medan Taufik Ririansyah dinonaktifkan karena tengah dalam pemeriksaan Inspektorat sejak, Kamis (18/7/2024). Taufik diperiksa terkait laporan hasil pemeriksaan (LHP) selama 3 tahun terakhir.
 
"Terkait Kepala Dinas Kesehatan yang kami berhentikan sementara demi pemeriksaan di Inspektorat karena LHP dari Inspektorat dari 2021,2022,2023 belum ada ditindaklanjuti sama sekali," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution, Senin (22/7/2024).
 
Bobby mengaku mendapat informasi jika Taufik juga dipanggil oleh Kejari Medan. Pemanggilan tersebut terkait dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan tahun 2023.
 
"Kemarin juga kita terima surat dari Bapak Kajari ada pemanggilan kepada Kepala Dinas Kesehatan terkait dugaan kegiatan pengadaan barang dan jasa di tahun 2023," ucapnya.
 
Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pejabat di Pemkot Medan tidak melakukan korupsi maupun pungli. Sehingga tidak merugikan masyarakat.
 
"Ini yang selalu kami sampaikan untuk pegawai di Kota Medan jangan ada lagi kegiatan-kegiatan yang merugikan masyarakat dalam hal tindak pidana korupsi ataupun pungli, oleh karena itu kita inginkan seluruh jajaran Pemkot Medan mengikuti kesepakatan yang sudah kita lakukan bersama-sama," ujarnya.
 
Kepala Inspektorat Kota Medan Sulaiman Harahap menyebutkan jika rekomendasi dari pihaknya tidak pernah dilengkapi oleh Taufik sejak 2023. Mulai dari program operasional kesehatan hingga pelayanan publik dari Ombudsman.
 
"Untuk detailnya itu, tadi udah disampaikan Pak Wali ada beberapa rekomendasi dari Inspektorat yang tidak dilengkapi dari tahun 2021, itu termasuk program operasional kesehatan, kemudian ada juga rekomendasi dari Dirjen Kementerian Kesehatan, rekomendasi pelayanan publik dari Ombudsman yang juga tidak ditindaklanjuti," sebut Sulaiman Harahap.
 
"Jadi sesuai arahan, kami melakukan evaluasi kinerja terkait tindaklanjut-tindaklanjut yang sama sekali belum ditindak," imbuhnya.
 
Pihaknya akan merampungkan pemeriksaan Taufik secepatnya. Ditargetkan pemeriksaan akan selesai dalam beberapa hari ke depan.
 
"Secepatnya, dalam beberapa hari ini akan selesai," tutupnya.
Sumber : detiksumut

Post a Comment

0 Comments