Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jenis-Jenis Ikan Air Tawar Kaya Omega 3

 

Ilustrasi. Lele termasuk ikan air tawar yang kaya kandungan omega 3. (iStockphoto/Yarygin)


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Tak hanya ikan laut, asam lemak omega 3 ternyata juga terkandung di dalam ikan air tawar. Apa saja ikan air tawar yang kaya omega 3?
 
Asam lemak omega 3 punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan otak manusia. Omega 3 juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat berfungsi mencegah sejumlah penyakit.
 
Banyak organisasi kesehatan arus utama merekomendasikan agar orang dewasa yang sehat mengonsumsi 250-500 miligram asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) per hari.
 
Anda bisa mendapatkan lemak omega-3 dalam jumlah besar dari ikan berlemak, alga, dan beberapa makanan nabati tinggi lemak.
 
Mengutip Siloam Hospital, manfaat omega-3 untuk kesehatan tak boleh dilewatkan begitu saja. Omega-3 adalah jenis lemak esensial yang menawarkan beragam kebaikan, mulai dari membantu menjaga kesehatan mata hingga menurunkan risiko kanker.
 
Tak hanya bersumber dari ikan laut, ternyata omega 3 juga bisa didapatkan dari ikan air tawar. Apalagi, ikan air tawar jadi salah satu sumber protein yang digemari masyarakat Indonesia. Melansir berbagai sumber, berikut ini daftarnya.
 
1. Ikan Nila
 
Nila termasuk jenis ikan air tawar yang digemari banyak orang. Ikan nila memiliki daging yang lembut dan rasanya yang gurih/
 
Ikan yang satu ini mengandung vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium. Dalam 100 gram ikan nila, terdapat sekitar 128 kalori, 0 gram karbohidrat, 26 gram protein, 3 gram lemak, serta sejumlah vitamin B3, B12, kalium, fosfor, serta selenium.
 
Ikan nila memiliki kandungan asam lemak omega 3. Nutrisi ini bisa membantu menjaga kadar kolesterol tubuh. Selain itu, kandungan ini juga bisa membuat otot lebih baik dalam merespons hormon insulin.
 
Dengan begitu, kandungan nila juga bisa memberi dampak yang baik pada pengidap penyakit diabetes.
 
2. Lele
 
Melansir Healthline, lele termasuk ikan yang kaya akan kandungan omega 3. Ikan lele mengandung kalori, lemak, protein, vitamin B12, potassium, dan kolesterol.
 
Tak hanya itu, dalam 100 gram ikan lele terdapat 237 miligram asam lemak omega 3 dan omega 6.
Lele juga jadi sumber protein hewani yang mudah diolah dan rasanya lezat.
 
3. Ikan Patin
 
Sama seperti lele, patin juga mengandung 237 miligram omega 3 per 100 gramnya.
 
Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, patin dengan porsi yang sama menyediakan 132 kalori, 6,6 gram lemak, 31 miligram kalsium, dan 173 miligram fosfor.
 
Patin juga mengandung 1,6 miligram zat besi, 77 miligram natrium, dan 346 miligram kalium yang membantu mencukupi kebutuhan mineral tubuh.
 
4. Ikan Mas
 
Ikan mas termasuk jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.
 
Ikan mas mengandung vitamin B1 dan vitamin B3, zat besi, dan beta karoten. Jenis ikan air tawar ini tidak hanya aman sebagai makanan karena mengandung lebih sedikit merkuri, tetapi juga memberi tubuh nutrisi yang sangat penting untuk tubuh.
 
Ikan mas mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang dapat melindungi kesehatan jantung. Ini meningkatkan keseimbangan omega-6 dan omega-3 untuk mencegah penumpukan plak dan mengurangi kemungkinan aterosklerosis.
 
5. Gurame
 
Meski jumlahnya tidak banyak, gurame juga termasuk ikan yang mengandung omega 3.
 
Selain itu, gurame mengandung protein, karbohidrat, serta tinggi kalsium, fosfor, dan zat besi.
 
Itulah 5 jenis ikan air tawar yang kaya kandungan omega 3. Semoga bermanfaat.
Sumber : CNN Indonesia

Post a Comment

0 Comments