Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Apa Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Setiap Hari?

 

Ilustrasi. Untuk mencegah efek samping buruk minum kopi tanpa gula setiap hari, ketahui batas amannya. (IT-STUDIO/Pixabay)


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Minum kopi hitam tanpa gula punya segudang manfaat untuk kesehatan. Namun, mengonsumsinya setiap hari dalam porsi yang berlebih tentu memiliki sejumlah efek samping.
 
Kopi adalah salah satu pilihan minuman rendah kalori yang menyehatkan. Dalam setiap 120 gram (g) kopi bubuk hanya mengandung 2 kalori.
 
Mengutip Medical News Today, biji kopi juga mengandung polifenol, salah satu senyawa antioksidan. Antioksidan sendiri dikenal karena kemampuannya untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit.
 
Minum kopi hitam tanpa gula juga bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga mood, mencegah diabetes dan kanker, mengatur berat badan, hingga memperkuat daya ingat.
 
Namun, minum kopi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.
 
Efek Samping Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari
 
Kopi hitam memang tidak memiliki banyak efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.
 
Namun, melansir Healthline, terlalu banyak kafein baik dari kopi atau minuman lain seperti soda dan minuman berenergi dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman seperti:
 
- Insomnia,
- Kecemasan,
- Detak jantung cepat,
- Sakit perut,
- Sakit kepala,
- Dan mual
 
Batas Aman Minum Kopi
 
Memang berapa batas aman minum kopi hitam tanpa gula? Menurut FDA, umumnya, orang dewasa yang sehat bisa mengonsumsi 400 mg kafein per hari atau kurang. Anda tidak disarankan untuk minum kopi lebih dari 3 - 4 cangkir dalam sehari.
 
Sementara bagi ibu hamil dan menyusui, batasi asupan kafein hingga sekitar 200 mg atau 2 cangkir per hari.
 
Orang yang mengonsumsi obat seperti pil KB, obat jantung, dan antibiotik juga perlu membatasi kafein.
 
Meski demikian, yang terpenting adalah berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu.
 
Sebuah studi pada 2021 dalam Molecules mencatat kopi hitam bersifat asam, karena itu minum kopi hitam tanpa gula setiap hari memiliki efek samping mengiritasi perut bagi sebagian orang. Kopi juga memiliki efek diuretik, yang dapat menyebabkan Anda memproduksi lebih banyak urine.
Sumber : CNN Indonesia 

Post a Comment

0 Comments