Ticker

7/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Diduga Dalang Penculikan 43 Mahasiswa, Gembong Narkoba Meksiko Ditangkap

 

Ilustrasi gambar. Tribunsumsel


MAJALAHJURNALIS.Com (Jakarta) - Otoritas keamanan Meksiko menangkap seorang gembong narkoba bernama Gildardo Lopez Astudillo alias El Gil. Residivis kasus narkoba ini ditangkap atas dugaan terlibat dalam penculikan 43 mahasiswa pada tahun 2014 silam.
 
"Seorang tersangka bos kartel narkoba yang diduga terkait dengan hilangnya 43 mahasiswa satu dekade lalu ditangkap di Meksiko setelah dibebaskan dari penjara pada tahun 2019, bunyi keterangan otoritas keamanan Meksiko dilansir AFP, Sabtu (7/9/2024).
 
Lopez Astudillo alias El Gil merupakan pemimpin kartel Guerreros Unidos. Dia diduga sebagai dalang pembunuhan siswa dari perguruan tinggi guru Ayotzinapa pada tahun 2014.
 
Gembong narkoba tersebut pernah ditangkap pada September 2015. Lokasi penangkapannya berjarak 35 km dari tempat para siswa diduga menghilang.
 
"Gildardo Lopez Astudillo kini ditahan," kata sumber keamanan federal.
 
"Lopez Astudillo telah dipindahkan ke penjara dengan keamanan maksimum Altiplano di negara bagian Meksiko, sambung sumber itu.
 
Kasus penculikan 43 mahasiswa di Meksiko itu terjadi pada September 2014. Para korban saat itu tengah melakukan perjalanan ke demonstrasi politik yang berlokasi di Mexico City.
 
10 tahun berlalu penyebab hilangnya para korban belum diketahui. Namun, tim yang dibentuk pemerintah Meksiko menyebut ada peran dari pihak militer terkait hilangnya para korban.
 
Pemerintah Meksiko juga sebelumnya telah menangkap puluhan tersangka dari kasus hilangnya puluhan mahasiswa. Para tersangka termasuk dari personel militer dan mantan jaksa agung yang memimpin penyelidikan kontroversial atas kasus penghilangan massal tersebut.
Sumber : detiknews

Post a Comment

0 Comments